OpenLeaks, A WikiLeaks Alternative

OpenLeaks, A WikiLeaks Alternative

7:17 PM Add Comment

OpenLeaks, sebuah alternatif untuk WikiLeaks, yang merupakan situs yang menerbitkan pengajuan media pribadi, rahasia, dan diklasifikasikan dari sumber berita anonim dan kebocoran berita, telah resmi pergi hidup. WikiLeaks, seperti yang Anda ketahui, jatuh di bawah kritik keras dan menghadapi banyak tekanan dari berbagai pemerintah dan organisasi karena bahan "bocor" melalui website. 

Dalam terang ini, OpenLeaks diatur untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh WikiLeaks. Mereka berniat untuk melakukan hal ini dengan memberikan "pelayanan khusus dan umumnya bebas untuk whistleblower dan organisasi yang berminat dalam transparansi." Situs berusaha untuk menciptakan basis pengetahuan yang bertujuan untuk menyediakan referensi komprehensif untuk semua area sekitarnya whistleblowing. Mari kita lihat bagaimana mereka akan tentang menghindari masalah WikiLeaks. 

Bagaimana OpenLeaks berbeda dari WikiLeaks? 
Seperti yang dinyatakan oleh Ars Technica, OpenLeaks menegaskan bahwa ia tidak berencana untuk mempublikasikan informasi itu sendiri, melainkan membantu pihak ketiga mendapatkan akses ke dokumen bocor, yang kemudian akan ditampilkan kepada publik. Pihak ketiga akan mencakup nirlaba dan organisasi berita. Setengah dari "anggota" harus dipilih oleh masyarakat OpenLeaks, sementara separuh lainnya akan dapat melewati proses aplikasi publik macam. 

Situs ini belum sepenuhnya operasional, tetapi mereka telah merilis sebuah "draft pertama" video, ditunjukkan di bawah ini. Ini menjelaskan proses bocor dan penerbitan karena akan didukung oleh OpenLeaks, dan visualisasi bagaimana OpenLeaks bekerja secara berbeda dari platform lainnya.

plentyoffish-hacked-usernames-and-passwords-stolen

plentyoffish-hacked-usernames-and-passwords-stolen

7:07 PM Add Comment

Online Plentyoffish situs kencan baru-baru ini menjadi korban sasaran hack yang dikompromikan database nama pengguna, e-mail dan password. CEO Markus Frind diposting tentang insiden ke blog pribadinya, namun belum ada pernyataan resmi dari perusahaan seperti yang belum. Menurut posting Frind's, memperbaiki telah diletakkan pada tempatnya, dan password telah direset - tapi persis apa yang terjadi tidak jelas. 

Frind, di posting blog yang sama pribadi, menuduh Chris Russo (foto kanan), seorang hacker Argentina, tidak hanya berada di balik serangan itu, tetapi berusaha untuk memeras uang dari CEO, juga. Pos menjelaskan rekening Frind tentang serangan ini, untuk membuatnya lebih halus, agak aneh. Menurut CEO, Rusia tidak melakukan upaya untuk menutupi jejaknya sementara hacking sistem. Russo bahkan berhasil memperoleh nomor telepon untuk istri Frind's, yang ia sebut panik, mengklaim bahwa PC-nya telah diambil alih oleh hacker Rusia, yang telah memperoleh akses terbatas kepada user database Plentyoffish tentang informasi kartu PayPal dan kredit.Semuanya membaca seperti sebuah thriller politik yang buruk, yang melibatkan mitra usaha teduh dan ancaman kematian dari bos kejahatan Rusia. 

Russo tidak bersembunyi, meskipun. Argentina mengatakan Grumo Media bahwa dia hanyalah seorang peneliti keamanan yang dihubungi Frind tentang celah keamanan telah ditemukan. Frind telah merencanakan untuk menyewa Russo untuk membantu menutup kerentanan, tetapi, menurut Russo, CEO menjadi agresif, berputar liar cerita tentang seorang pembunuh serial menggunakan Plentyoffish untuk menemukan korban baru, dan akhirnya menuduhnya mencuri database pengguna situs kencan itu. 

Terlepas dari apa sebenarnya yang terjadi, mungkin ide yang baik untuk berhati-hati ketika menggunakan Plentyoffish. Tidak hanya harus Anda segera mengganti password anda di situs kencan, tapi Anda harus mengubah rincian untuk account PayPal Anda, dan yang lainnya berbagi Plentyoffish password Anda.


Cari Tau Yang Unfriend Anda Di Facebook

Cari Tau Yang Unfriend Anda Di Facebook

6:34 PM Add Comment

Google telah memperkenalkan Ekstensi baru  yang disebut Unfriend Finder yang membantu Anda untuk menemukan yang menghapus Anda di Facebook dari daftar teman mereka. Pada dasarnya, Unfriend Finder adalah sebuah skrip sederhana yang menyediakan semua pengguna untuk mengetahui yang mana salah satu teman mereka dikeluarkan mereka dalam pemberitahuan setelah menginstal ekstensi Chrome. 


Langkah-langkah : 

1) Instal Finder Unfriend agar. Ini akan meminta Anda untuk mengumpulkan semua data Anda pada website, Anda harus mengklik pada "akses" tombol untuk aprove. 

2) Sekarang login ke account Facebook dan memungkinkan suatu tindakan untuk mengatur perpanjangan untuk pertama kalinya. Setelah mengatur, link akan muncul di menubar. 


Catatan: Anda biasanya mulai dengan nol Unfriend, jumlah ini dapat meningkat dari waktu ke waktu. Ketika seseorang menghapus atau menonaktifkan account Anda, Anda akan dapat mengetahui dengan mudah dengan pemberitahuan. 

3). Anda juga dapat mengubah pengaturan untuk pemberitahuan sesuai yang Anda butuhkan dan Anda akan melihat sebuah "Unfriends" dibagian bawah side bar, Anda juga dapat mengubah pengaturan untuk pemberitahuan. 


Anda juga akan mendapatkan pemberitahuan langsung jika ada dari "unfriend" teman Anda di Facebook. 


Secara terpisah Anda juga diperbolehkan untuk melihat "Awaiting request". 



Ini alat paling mudah untuk mengetahui siapa yang unfriended Anda di Facebook tapi secara pribadi saya tidak menyarankan siapapun untuk mengetahui orang-orang yang tidak ingin Anda dalam hidup mereka. Jika Anda merasa tertekan setelah melihat teman-teman yang unfriended Anda, pergi n uninstall ekstensi segera.  hohohohoho....

Fitur Tersembunyi Google Search

Fitur Tersembunyi Google Search

5:10 PM Add Comment

Fitur Tersembunyi Google Search :

  1. Cuaca

    Untuk mengetahui keadaan cuaca di berbagai kota di A.S. dan seluruh dunia, masukkan "cuaca" diikuti dengan nama kota dan negara bagian, kode pos A.S., atau nama kota dan negara.
    Examp : ketikkan cuaca jakarta => lalu telusuri.

  2. Skor Olahraga

    Untuk melihat skor dan jadwal pertandingan olahraga, ketik nama tim atau nama liga pertandingan ke kotak telusur. Semua data olahraga disediakan oleh STATS, Inc.
    Examp : ketikkan Manchester United => lalu telusuri.

  3. Kalkulator

    Untuk menggunakan fungsi kalkulator internal Google, masukkan penghitungan yang akan dilakukan dalam kotak penelusuran.
    Examp : ketikkan 7*2+(sqrt 10)^3 => lalu telusuri.

  4. Pemeriksa Ejaan

    Perangkat lunak pemeriksa ejaan Google akan memeriksa secara otomatis jika permintaan Anda menggunakan ejaan paling umum untuk kata tertentu. Jika Anda dianggap cenderung memperoleh hasil lebih baik dengan ejaan alternatif, maka perangkat akan menanyakan “Apakah maksud Anda: (ejaan yang lebih umum)?”. Klik saran ejaan untuk meluncurkan penelusuran Google bagi frasa tersebut.
    Examp : ketikkan tidrur => lalu telusuri.

  5. Operator Plus (+)

    Google mengabaikan karakter dan kata umum, misalnya where (di mana), the, how (bagaimana), serta digit dan huruf lain yang memperlambat penelusuran tanpa meningkatkan hasil. Jika kata umum penting untuk memperoleh hasil yang diinginkan, Anda dapat memastikan agar kami memperhatikan kata tersebut dengan menambahkan tanda "+" di awal kata.
    Examp : ketikkan flu +burung => lalu telusuri.

  6. Isi Bidang Kosong

    Terkadang, cara terbaik untuk mengajukan pertanyaan adalah meminta Google untuk ‘mengisi bidang kosong’ dengan menambahkan tanda bintang (*) di bagian kalimat atau pertanyaan yang diinginkan dalam kotak penelusuran Google.
    Examp : ketikkan colombus menemukan  * => lalu telusuri.

http://www.google.com/preferences => untuk pengaturan google search

http://www.google.com/logos/ => for google logo
Apa itu Desain Grafis?

Apa itu Desain Grafis?

4:23 PM Add Comment

Apakah Desain Grafis Itu?Umpamakan anda ingin mengumumkan, menginformasikan atau menjual sesuatu, menghibur atau membujuk seseorang, menjelaskan suatu sistem yang rumit atau mempertunjukkan suatu proses yang panjang dan berbelit-belit. Dengan kata lain, anda mempunyai suatu pesan yang harus dikomunikasikan. Bagaimana anda “mengirimkan” itu? Mungkin anda bisa menceritakan atau bertutur kepada setiap orang satu persatu atau menyiarkan dengan radio atau pengeras suara. Namun yang anda lakukan itu adalah komunikasi lisan. Sementara jika anda menggunakan media visual atau rupa seperti poster, mengetik surat, menciptakan logo perusahaan, iklan majalah, atau cover album DVD dan sejenisnya, walaupun sekedar menggunakan printout komputer dan didalamnya secara pasti menggunakan format visual, maka yang anda lakukan sudah dapat dikatakan sebagai sebuah kerja desain grafis.
Dari segi keilmuan, hakekatnya desain grafis adalah salah satu bentuk dari ilmu seni rupa terapan. Dalam prosesnya diberikan kebebasan kepada sang desainer atau perancang untuk memilih, menciptakan dan mengatur elemen-elemen rupa dasar seperti garis, warna, bidang, raut, tekstur, value serta bekerja berdasarkan prinsip-prinsip dasar desain diantaranya adalah balance/keseimbangan, rhythm/irama, emphasis/penekanan dan unity/kesatuan. Desainer juga bekerja dengan didukung beberapa aspek lain seperti pemahaman dalam mengorganisasikan proses kreasi dan memiliki kemampuan dalam menyampaikan atau menangkap pesan. Pesan-pesan tersebut digarap oleh desainer dalam sebuah karya yang bertujuan untuk diproduksi atau dikomunikasikan melalui berbagai media.
Desain grafis adalah sebuah proses kreatif yang mengkombinasikan seni dan teknologi dalam mengkomunikasikan gagasan. Desainer bekerja dengan seperangkat ‘alat’ untuk menyampaikan pesan yang berasal dari sumber pesan atau client kepada audience. Beberapa perangkat yang digunakan antara lain gambar, ilustrasi, lukisan, photography, huruf, angka, grafik dan atau image yang telah di-generate oleh beberpa aplikasi komputer. Desainer membuat, memilih dan mengorganisasikan semuanya atau sebagian dari element dan perangkat tersebut ke dalam sebuah bidang yang dinamakan “white space” dan selanjutnya disampaikan kepada publik sebagai sebuah media komunikasi.
Desain grafis memiliki beberapa macam basis karya dengan melihat komposisi elemen-elemen yang terdapat dalam karya tersebut, diantaranya adalah:
Desain berbasis Image
Desainer membangun image yang merupakan representasi dari gagasan pribadinya atau client bisnisnya. Image sangat kuat untuk dipercaya dan merupakan alat komunikasi yang dapat mempengaruhi, mampu menyampaikan tidak hanya informasi tetapi juga suasana hati dan emosi. Orang akan bereaksi terhadap image secara instinktif berdasar pada kepribadian mereka, asosiastif berdasarkan lingkunganya, dan experientatif akibat pengalaman sebelumnya.
Desain Berbasis Image
Tragiklabs
Image diambil dengan berbagai cara dan teknik yang disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi dan media. Di dalam Desain berbasis Image, hal utama yang harus diperhatikan seorang desainer adalah memahami bahwa image-image yang diekspose harus membawa keseluruhan pesan, untuk itu terkadang desainer memberi sedikit teks untuk bantuan. Karena setiap image yang tampil merupakan bahasa yang harus disampaikan, maka pada sebuah proses eksekusi sebuah image, seorang desainer juga harus memahami bagaimana pentingnya memanajemen kepekaan terhadap calon penerima pesan, sehingga desainer tidak membabi buta dengan mengandalkan selera estetisnya belaka dalam menampilkan image tersebut. Bukankah sebuah gambar dapat memunculkan ribuan makna dan maksud? Maka, arah dari maksud tersebut harus dapat tersampaikan dengan image yang dieksekusi oleh desainer.
Desain berbasis Type
Dalam beberapa hal, para desainer bersandar pada teks untuk menyampaikan suatu pesan, tetapi mereka menggunakan kata-kata dengan cara yang berbeda dari tatacara yang biasa dilakukan oleh para penulis. Bagi para desainer, mereka melihat visual teks adalah sama pentingnya seperti maksud atau arti dari teks itu sendiri. Format visual teks, baik tipography yang dicetak atau penulisan buatan tangan, memiliki fungsi yang sama yaitu untuk melaksanakan fungsi komunikasi dan seorang desainer pasti sadar bahwa keberadaaan teks harus memiliki fungsi readibility/keterbacaan. Teks juga dapat menghentikan perhatian pada suatu maksud tertentu dan mengidentifikasi sebuah makna pada suatu tampilan visual. Namun keterbacaan teks akan diolah oleh desainer tidak hanya mengandalkan arti sebuah teks secara leksikal saja atau hanya sesuai dengan tata bahasa saja , tapi juga menyebutkan maksud atas peranan teks itu sendiri secara fisik. Sebagai contoh, kita tidak akan menemukan dalam sebuah kemasan pasta gigi yang menuliskan merk-nya dengan menggunakan teks bergaya ‘Stencil’, karena image Stencil font identik dengan style Army Look.
Hampir semua desainer sepakat bahwa penggunaan teks sebagai sebuah tampilan visual dengan tanpa mengabaikan fungsi keterbacaan adalah penting. Mari kita perhatikan pada suatu “halaman umum” yang didalamnya tercetak sebuah teks, pernahkah muncul sebuah pertanyaan, apakah kerja desain grafis dilibatkan didalam merancang halaman yang nampaknya sederhana seperti itu? Pikirkanlah, apa yang anda akan lakukan jika anda diminta untuk mendesain kembali halaman itu. Akankah anda merubah jenis typeface atau ukurannya? Akankah anda membagi teks ke dalam dua kolom yang lebih ramping? Bagaimana dengan garis tepi dan pengaturan jarak antar paragrap? Akankah anda menekuk atau memberi spasi pada setiap paragrap atau mungkin memulai dengan perubahan teks berupa rekayasa tulisan hias? Apakah anda akan memberikan kekuatan pada teks dengan dengan cara memberi nomor, jumlah halaman atau penulisan teks tertentu pada setiap bab? Akankah anda merubah sebuah terminologi dengan cara membuat cetak tebal pada teks tersebut, atau barangkali menggunakan huruf italic/miring dan atau huruf yang bergaris bawah? Adakah hal lain yang dapat memberikan kekuatan dan tekanan dalam sebuah perubahan yang anda pertimbangkan, atau seberapa kuat teks-teks ini akan mempengaruhi reaksi para pembaca? Perlu diketahui, bahwa semua pertanyaan diatas dilakukan dan dijawab oleh Designer pada saat memulai pekerjanya hingga proses evaluasi sebelum teks-teks itu diputuskan untuk dikomunikasikan.
Desain berbasis Type
David-Nalle-Type
Desain berbasis Image dan Type
Para desainer sering mengkombinasikan antara tipography dan image untuk mengkomunikasikan satu pesan pada audience. Eksplorasi dengan berbagai kemungkinan kreatif yang dipresentasikan dalam kombinasi tipography (teks dan sebagainya) dan image (fotografi, ilustrasi, dan seni rupa), bertujuan memberi tampilan serta informasi yang lengkap. Sehingga para desainer tidak hanya menciptakan kesesuaian antara ‘letterforms’ dan image belaka tetapi juga untuk menetapkan keseimbangan terbaik diantara keduanya.
Desain berbasis Image dan Type
Alcatraz Island
Desain berbasis Simbol, Logo dan Logotype
Simbols dan logo adalah hal yang spesial, berbentuk informasi yang sangat ringkas dan berfungsi sebagai ‘identifers’. Simbol adalah reperentasi abstrak dari gagasan atau identitas tertentu. Logo adalah visual dalam format simbolis yang berfungsi mewakili konsep-konsep atau kelompok tertentu. Logotypes adalah identifikasi-identifikasi baik konsep maupun kelompok yang visualnya didasarkan pada suatu deretan kata atau teks yang dirangkai khusus. Beberapa identitas merupakan ‘hybrid’ atau kombinasi antara logotypes dengan simbol. Dalam menciptakan ‘identifiers’, desainer akan menetapkan sebuah visual yang jelas dan sesuai dengan visi dan misi sebuah korporasi, kelompok, konsep atau gagasan sehingga terwakili dan sesuai dengan masing-masing tujuannya.
Desain berbasis Simbol, Logo dan Logotype
Yin Yang
Desainer Grafis, Sumber Pesan dan Audience 
Pada suatu pihak, sebuah sumber pesan terkadang terlalu dekat dengan isi pesan itu sendiri, tentunya mengandung unsur subyektifitas yang sangat tinggi, sehingga perlu dicari cara untuk dapat memperkenalkan dan memahamkan pesan-pesan tersebut. Audience, pada sisi lain, adalah sebuah komunitas kompleks, yang sangat luas dan memiliki macam ragam karakter. Hal itu berdampak langsung dengan bagaimana cara atau mekanisme dalam mengkomunikasi pesan-pesan tersebut. Lebih dari itu, pada umumnya sukar untuk membuat audience menjadi bagian dari proses komunikasi.
Berbeda dengan sumber pesan dan audience, para desainer grafis belajar bagaimana cara membangun sebuah pesan dan bagaimana cara menyajikan itu dengan sukses dan baik. Karena para desainer grafis adalah mata rantai diantara sumber pesan dan audience, mereka memiliki dua sisi pekerjaan yang harus dilakukan. Pertama, mereka bekerja dengan sumber pesan (dalam hal ini adalah client) untuk memahami isi dan tujuan pesan. Kedua, bekerja sama dengan peneliti-peneliti pasar dan spesialis-spesialis lain bahkan dengan kondisi riil dari masyarakat untuk memahami sifat alami para audience.

Siapakah Desainer Itu?
Desainer cenderung tampil sebagai seseorang yang terampil. Mereka mengambil dua ruang lingkup dalam dunia kerjanya, ruang lingkup secara visual dan secara konseptual. Mereka harus mampu meneliti garis, warna, bentuk, volume dan tekstur, mereka juga harus bisa memperhatikan hubungan antara berbagai hal, merekapun harus mampu menemukan irama dan repetisinya pada sesuatu yang mereka lihat.
Secara konseptual, para desainer seringkali memperhatikan suatu gagasan dari berbagai sisi dan mencari pendekatan-pendekatan dengan sisi-sisi tersebut dengan suatu tindakan yang tidak umum. Kebiasaan ini merupakan bentuk pemahaman sekaligus sumber masukan bagi kreativitas mereka. Bagi desainer, suatu objek atau gagasan dapat menjadi sebuah tempat bermain yang banyak sekali dan luas tak terukur serta dapat menghasilkan gagasan yang segar bagi dirinya.
  • Aku adalah seorang arsitek yang membangun informasi. Arsitek di dalam definisiku tidak memiliki pengertian yang kaku. Bagiku, Informasi berarti pemahaman dan aku akan membuat berbagai hal yang menarik perhatianku untuk dapat dimengerti orang lain. – Richard Saul Wurman
  • Studio pertamaku dibangun dengan sebuah kesadaranku akan profesi desain dan sebagai sebuah kesempatan untuk menggunakan kemampuan analitis pada kepeminatanku dibidang seni rupa. Karena aku adalah lulusan sekolah desain maka aku selalu menyelidiki lebih dalam segala aspek dari desain, hingga aku dapat menemukan sesuatu yang sangat menarik secara pribadi pada setiap pekerjaanku. Aku menyadari bahwa profesi desain memiliki sifat alami yang secara konstan dapat menarik desainer ke dalam suatu permasalahan yang sangat luas. – Won Chung
  • Aku harus membuat berbagai hal dan menghubungkan setiap hal tersebut dengan berbagai cara, hingga dapat membangkitkan ingatan yang bermanfaat bagi orang lain. Aku sangat suka memanjakan perasaanku pada aspek material di dunia desain. Aku mempelajari bahwa aku bisa menggunakan desain yang tidak hanya menjangkau ke dalam diriku dan menyatakan perasaanku sendiri, tetapi juga menggapai ke luar, kepada orang lain, dengan gambaran dan kata-kata yang sungguh aku kerjakan dengan teliti, lalu aku padatkan dan aku ubah ke dalam bentuk komunikasi yang bisa melibatkan publik dan lingkungan secara bersama. – Sheila Levrant de Bretteville
  • Aku suka dengan kata-kata yang mengalir dan gagasan yang berubah menjadi sesuatu. Aku suka lingkungan sosial desain, para aktifis dalam lingkungan desain, juga aspek estetis dan praktis dalam kerja desain. – Laurie Haycock Makelae
  • Ketika kecil aku telah terobsesi dengan menggambar. Pada umur enam, aku harus berbaring satu tahun di tempat tidur karena suatu penyakit, dan satu-satunya hal yang membuat aku tetap sibuk adalah menggambar dan membangun kota dari tanah liat. Sungguh, saat itu adalah masa yang penting dalam hidupku, dan hari ini aku telah menggenapkan, melengkapkannya dengan menjadi desainer. – Milton Glaser 
Diatas adalah ungkapan dari para desainer ternama dan jika diamati maka semuanya adalah cerminan dari kepribadian dan proses kreasi mereka. Para desainer seringkali mempunyai kepekaan terhadap sesuatu. Beberapa dari mereka dapat dikatakan sebagai seseorang yang “off-center but more self-directed” dibanding dengan kebanyakan orang lain dalam sebuah lingkungan. Para desainer juga cenderung memiliki sensitifitas intelektual yang tinggi: mereka selalu ingin memahami bagaimana sebuah proses dan mereka selalu mencoba gagasan mereka pada lingkungannya. Mereka selalu tertarik pada tafsir visual sekalipun berasal dari gagasan-gagasan yang abstrak. Mereka harus mampu menggambarkan persoalan, mereka banyak membaca, mereka mengadakan percobaan, mereka menyelidiki kultur dengan mengambil bagian di dalamnya, memperhatikannya, dan menyerap setiap gagasan serta sumber pengalaman yang berhubungan dengan pekerjaan mereka.
Berikutnya, membuat beragam hal adalah kebiasaan yang alamiah untuk para desainer. Bagaimanapun juga berpikir tentang sesuatu atau berkata tentang sesuatu tidaklah cukup. Para Desainer lebih merasakan dengan secara tidak sengaja bahwa proses membuat sesuatu yang riil akan melibatkan kekuatan pikiran terutama pada saat berkaitan dengan sebuah format dan perubahannya atau disaat sebuah gagasan baru muncul denga tiba-tiba. Secara umum, kinerja para desainer tidak serupa dengan sebuah rutinitas atau aktivitas biasa. Mereka selalu memulai sesuatu yang baru dan terkadang bermula dari tantangan yang tak dikenal.
Desainer juga tertarik pada definisi fungsi, baginya sesuatu itu haruslah menarik, bermanfaat dan memiliki fungsi. Mereka lebih senang terhadap aspek kehidupan sehari-hari dalam menciptakan karya dibanding menciptakan sebuah karya seni untuk museum. Bagi desainer, batasan desain dan komunikasi yang selalu dilihat dari sebuah fungsi adalah merupakan tantangan tersendiri.
Sehingga dapat kita lihat dalam hal ini, bahwa benar-benar tidak ada jenis desainer yang universal ideal. Karakteristik umum seperti kreativitas, keterbukaan pada gagasan yang baru, kemauan dalam menjalankan sistem kinerja desain dan keinginan keras dalam menyelidiki dunia visual malah lebih penting dibanding sebuah ciri yang harus spesifik dan definitif. Sebab pula desainer datang dari berbagai latar belakang, dari semua kelompok, ras dan kesukuan serta dari domisili yang berbeda seperti kota, negara, hingga latar belakang akademis maka setiap desainer adalah berbeda dan selalu mencari cara untuk dapat menyuling perbedaan dalam bentuk saling menghargai terhadap perbedaan itu sendiri.
  • Aku menjadi seorang desainer grafis sebab ketrampilan terbaikku adalah menggambar, selain itu tidak terlatih. – Colin Forbes
  • Dahulu, aku memiliki cita-cita menjadi seorang aktris. Keinginan ini bertahan sampai masuk perguruan tinggi, ketika aku menjadi tertarik untuk mendesain. Aku mengambil kelas yunior pada sekolah desain dengan asumsi akan kembali ke sekolah aktris-tapi hingga kini aku tidak pernah kembali. Ternyata takdirku adalah mendesain. – Deborah Sussman

    Apa yang harus di Pahami Desainer Grafis?

    Desainer grafis setidaknya adalah individu menguasai suatu keterampilan dan pemahaman konsep yang luas. Pada lazimnya, desainer bekerja dengan cara berbeda-beda dalam mempraktekkan proses desain dan biasanya bertindak sesuai dengan ikhtisar yang berasal dari latar belakang masing-masing pengalaman dan pendidikan. Maka wajarlah jika seorang praktisi tidak mengembangkan semua aspek keahlian desain grafis, tapi biasanya hanya memilih satu atau dua spesifikasi saja. Misal, praktisi desain grafis yang suka terhadap media cetak, biasanya memiliki spesifikasi kerja yang berkaitan dengan mass media seperti majalah, koran atau buku. Didalam lingkup pendidikan desain, juga tidak semua aspeknya dapat dipelajari secara menyeluruh. Idealnya sebuah pendidikan desain dirancang dalam format yang memiliki kompetensi dan disesuaikan dengan masing-masing spesifikasi praktek kerja desain.
    Institusi atau Program pendidikan tertentu yang berbasis desain grafis biasanya memiliki beragam kategori dalam materi pembelajaranya dan pada setiap kategori akan dikemas dalam bentuk kurikulum. Namun tidak semua kategori tersebut dipelajari oleh siswa atau mahasiswa, tergantung pada fokus atau kompetensi dari kurikulum itu sendiri, bahkan ada beberapa program pendidikan desin grafis yang menekankan materi pembelajarannya pada materi-materi tertentu secara mendalam dan spesifik.
    Berikut adalah suatu ikhtisar dari delapan kategori yang dapat ditemukan dalam kebanyakan program pendidikan desain grafis.
    1. Pemahaman terhadap Persepsi, Visual Organisasi dan Estetika
    Desainer bekerja dengan format visual dan bagaimana format itu diaplikasikan untuk menyampaikan suatu maksud. Format ini dikenal dengan Bahasa Visual. Bentuknya sangat beragam, dapat berupa titik, garis, bentukan, wahana, volume, ruang, area, teksture, warna dan sebagainya yang berwujud secara riil berupa type, image, photo maupun teks, baik dalam tampak dua dimensi maupun 3 dimensi. Pemahaman aspek dasar kosa kata visual bagi desainer dibangun dengan memperkuat persepsi pada format-format tersebut. Selanjutnya, desainer akan mengorganisasikan semuanya dengan kemampuannya mengeksekusi visual berdasarkan pengalaman dan pemahaman estetik yang dimilikinya. Beberapa hal konkret yang perlu dipahami misalnya:
    • Pemahaman Struktur Format; mengkaji aspek positif dan negatif dari beragam format.
    • Analisa dan Uji Coba Format; bagaimana suatu format 2 dimensi atau 3 dimensi dapat ditempatkan pada sebuah ruang atau media.
    • Pertimbangan terhadap Struktur dan Sistem; merupakan suatu upaya keteraturan dalam melakukan proses kerja desain. Misal: menggunakan grid system/sistem garida dalam menciptakan aspek harmonis dalam sebuah rancangan.
    • Ekplorasi Gejala Visual; menangkap respon intuitif terhadap format, warna, bentuk, tekstur dan sebagainya.
    • Komposisi dan Kerangka Visual; mengambil keputusan mengenai apa yang harus ditampilkan pada sebuah image dan bagaimana unsur-unsur dalam image-image tersebut jika dibandingkan atau disandingkan antara satu dengan yang lain.
    • Abstraksi Visual; mengidentifikasi tampilan suatu obyek dan tahapan dalam proses penyederhanaannya.
    • Kesatuan Format; suatu upaya yang dilakukan dengan melihat hubungan pada setiap bagian-bagian desain seperti proporsi, skala dan dimensi, simetri atau asimetri, contrast, balance dan sebagainya.
    Materi-materi pendidikan diatas merupakan materi basic yang harus dipahami sejak awal. Aplikasi pembelajarannya berbeda-beda pada setiap institusi, misal: nirmana dua dimensi/tiga dimensi, estetika, studi seni rupa dasar dan masih banyak lagi.
    2. Pemahaman terhadap Teknik Visualisasi
    Desainer harus familiar dengan perangkat dasar pekerjaannya juga dengan proses dan teknik dalam memproduksi karya, mulai dari sketsa, model hingga ke final artwork. Tentunya perangkat-perangkat tersebut digunakan dengan sensitifitas dan skill yang memadai. Apapun alat yang digunakan baik photography, model making, diagram, drawing dan sebagainya, adalah bertujuan untuk membangun gagasan. Ada banyak ragam teknik visualisasi, dan berikut ini adalah beberapa gambarannya:
    • Photography; para desainer menghormati photography sebagai sebuah proses yang dekat dengan “kenyataan”, photography adalah teknik visualisasi yang sangat berperan pada kerja desain grafis dalam menyampaikan sesuatu yang realis, selain dapat membangkitkan emosi tertentu.
    Photography
    • Translasi Visual; adalah teknik visualisasi dengan mengambil esensi dari suatu image, diringkas, direka ulang menjadi image baru. Ada beberapa desainer yang menamakan translasi visual sebagai visual morphing, visual hirarki, tahapan visual dan lain-lain, namun pada intinya yang ditekankan adalah bagaimana sebuah tampilan visual dapat terwujud dan memiliki rangkaian proses yang rasional.
    Translasi Visual
    • Model Making; teknik visualisasi yang mengekplorasi format tiga dimensional guna merencanakan, men-simulasikan atau mengembangkan format visual menjadi prototipe bagi suatu produk baru atau produk yang siap dipamerkan.
    Model Making
    • Menggambar; adalah teknik visualisasi yang sangat umum dan dilakukan pada kondisi awal, berfungsi sebagai kumpulan gagasan yang mengalir. Gambar biasanya belum divisualisasikan dengan tampilan yang lebih sempurna kecuali gambar tersebut dibutuhkan sebagai mana adanya, misal komik, ilustrasi manual, hand drawing bahkan terkadang storyboard dalam sebuah proyek TV komersial juga digarap secara manual.
    Menggambar
    • Typography; adalah teknik visualisasi dengan menggunakan fungsi huruf berdasarkan fungsi dasar huruf itu sendiri sebagai bagian dari teks yang memiliki fungsi keterbacaan atau digunakan berdasarkan format fisiknya. Huruf juga harus dipahami baik secara historis, struktur, penamaan, style dan penggunaannya.
    Typhography
    3. Pemahaman terhadap Material dan Perangkat Teknologi
    Teknologi selalu bermain peranan dalam proses mendesain dan proses informasi komunikasi visual. Perangkat teknologi menjadi penting sekali untuk menunjang kesempurnaan hasil kerja desain dalam mengolah berbagai gagasan, bahan dan hasil akhir dari sebuah proyek desain. Sebut saja komputer, kamera, airbrushes, video, film, mesin cetak, plotter dan sebagainya adalah merupakan alat-alat yang digunakan dalam menciptakan produk desain. Pastinya desainer akan memilih, alat apa yang akan digunakan dalam menghasilkan dan mewujudkan rancangan, itupun harus disesuaikan dengan kebutuhan klien. Pemilihan material dan perangkat teknologi yang tepat akan menentukan kualitas tampilan dari sebuah produk desain.
    4. Pemahaman dalam Menelurkan Gagasan dan Proses Desain
    Bagian terpenting dari kerja desain setelah gagasan-gagasan terwujud adalah bagaimana cara menyampaikan itu semua pada pihak yang berkepentingan. Desainer harus memiliki kemampuan untuk menelurkan gagasan namun juga harus dapat menerima koreksi dan evaluasi sebagai umpan balik. Dalam hal ini diperlukan pemahaman teknis; untuk menuliskan konsep secara obyektif, meringkas sebuah ‘rasional kreatif’; menyajikan gagasan dengan efektif baik secara lisan, visual atau dengan audiovisual yang mendukung; dan untuk mendengarkan masukan secara berhati-hati.
    5. Pemahaman terhadap Pesan dan Isi
    Diperlukan kemampuan berpikir dalam menciptakan sebuah maksud atau arti dari image, type dan simbol. Kemampuan yang sangat esensial tersebut diperlukan untuk menjabarkan sebuah perspektif informasi visual secara persuasif pada pihak yang berkepentingan dan dapat mencapai sasaran sesuai dengan gagasan. Pemahamannya dapat dipelajari misalnya dengan:
    • Semantic; adalah studi tentang bagaimana memahami image dan teks.
    • Visual Metaphore; adalah studi tentang kiasan visual dan pemaknaan pada lambang. Sebagai contoh, obor merupakan abstraksi gagasan untuk kemenangan, kebebasan atau kemerdekaan.
    • Komunikasi dan Persuasi; adalah studi yang menekankan uji coba dalam mengkomunikasikan dan bagaimana cara menyampaikan suatu statemen visual yang mengesankan.
    • Signs dan Symbology; meneliti tanda-tanda visual berupa image dan simbol yang lazim digunakan dalam desain grafis dan mengenal target komunikasinya.
    6. Metode, Perencanaan dan Manajemen
    Menentukan bagaimana cara menyajikan gagasan secara visual dan berupaya menempatkan setiap obyek desain agar dapat dikomunikasikan merupakan konsep kerja yang tidak mudah terutama dalam mengidentifikasi unsur-unsur yang spesifik dalam sebuah karya desain. Diperlukan suatu metode yang handal, perencanaan yang akurat, manajemen yang efektif dan efisien dalam mengelola semua proses kerja mendesain. Beberapa hal konkretnya yang harus dipahami adalah:
    • Metodologi Desain; pemahaman terhadap suatu alur kerja yang digunakan desainer didalam pencarian solusi dari mulai muncul gagasan, eksekusi visual, hingga ke permasalahan komunikasi yang hendak disampaikan.
    • Evaluasi Desain; pemahaman kerja desain melalui suatu sistem uji prosedur. Sebagai contoh, mengamati suatu reaksi anak-anak terahadap pada sebuah buku, dengan melakukan suatu uji coba yang bertujuan menjawab beberapa masalah seperti: Apakah buku tersebut mudah dibaca anak? Apakah buku itu menarik anak? Apakah maksud dan arti yang terkandung diadalam buku itu dapat dikomunikasikan secara efektif.
    • Manajemen Desain; pemahaman yang melibatkan suatu ikhtisar dari tata laksana kerja desain, termasuk didalamnya memanajemen kreativitas, biaya-biaya, operasional teknis, scheduling dan deadline hingga standar mutu dan kualitas.
    7. Sejarah dan Kritik
    Para desainer adalah bagian dari suatu kultur visual yang meliputi seni, arsitektur dan desain baik pada saat ini, masa depan maupun masa lalu. Para Desainer belajar tentang masa lalu untuk mengembangkan inspirasi dan untuk memahami beragam tema desain pada suatu jaman, gaya dan pengembangan teknisnya, para pelaku dan penggunanya bahkan mungkin digunakan untuk melacak bagaimana gagasan-gagasan tertentu pada suatu era atau bagaimana pengembangan dunia seni dan kemajuan teknologi dapat mempengaruhi proses para desainer dan hasil karyanya. Sementara itu, Kritik membantu desainer mengevaluasi kegunaan atau tampilan dari suatu desain.
    8. Teori Desain
    Teori Desain berupaya menyelidiki prinsip dasar tentang “apa dan mengapa” dalam berlangsungnya proses desain. Sebagai contoh, kenapa suatu warna dapat mengkomunikasikan kebahagiaan, sementara bagi seseorang dari masyarakat yang lain justru mengkomunikasikan kemarahan? Bagaimana budaya tertentu dapat mempengaruhi desainer dan audience? Seperti apa segmentasi dari sebuah desain dan bagaimana sebuah desain dapat tampil di depan publik? Teori Desain juga melakukan penelusuran untuk menemukan prinsip-prinsip tertentu dalam proses kerja desain grafis dan melihat apakah sebuah desain berproses dengan cara yang intuitif atau disengaja. Biasanya digunakan pada desain-desain yang pernah ada dan digunakan sebagai bahan kajian, kritik atau penggalian inspirasi.


Bagaimana Mengetahui Kalau Facebook Kita di Bobol?

Bagaimana Mengetahui Kalau Facebook Kita di Bobol?

2:11 PM Add Comment
Bagaimana kita tau kalau FB kita bru saja di log in oleh seseorang, tau di bobol oleh hacker? Cara paling mudah adalah jika picture profile atau update statuse kita dirubah oleh hacker. [hahahahaha... yach itu sih seua orang juga tau kang.....] atau dengan cara memasukkan pasword, kita sudah merasa password kita benar, tetapi tidak dapat dapat log in [krena password dah dirubah oleh sang hacker].

Lalu jika sang hacker tak merubah apapun, picture profile, update statuse, atau bahkan password kia, bagaimana kita tau facebook kita tlah di log in oleh seseorang [hacker]....???

Yang saya tau ada beberapa cara untuk mengetahuinya, tapi saya hanya paham 2 cara. okay,,, ke TKP....

Yang Pertama....
Mengatur notif email, agar setiap kita log in ke FB account kita, Facebook secara otomatis akan mengirim notification ke email kita, bahwa FB kita telah di log in seseorang, email ini selain berisi naa dn IP computer ssang pebobol [hacker] juga berisi link protect account kita, jadi jika kita tidak mengenal computer dan IP tersebut, kita bisa meng-klik link td dan ikuti langkah penyelamatan, mudah kok, jika tak bisa bahasa inggris, gunakan google translate. hehehheeee..... link ini akan meminta anda menambahkan account email dan merubah password account facebook anda..

Lalu bagaiana mengatur notif email ini [pertanyaan bagus kang....]
Clik Account => Account Setting
Pada tab Setting, pilih Account Security
"When a new computer or mobile device logs into this account: "
Beri tanda chek pada bagian "Send me an email"
Maka setiap anda log in ke account FB anda, Facebook kan mengirim notification ke email anda.

Yang Kedua.....
Pastikan anda tlah mengkoneksikan no HP anda ke account Facebook anda, jika belum ikuti langkah berikut:
Clik Account => Account Setting => Mobile
Lalu daftarkan no HP anda, Proses pendaftaran ini tidak sulit, anda tinggal mengikuti intruksi dari Fcebook.
Anda di minta mengirim text "F" [tanpa petik] ke no 32665, maka setelh itu, Facebook akan mengirimkan code verifikasi ke HP anda, masukkan code tersebut ke kotak yang sudh disediakan, proses aktivasi ini mebutuhkan pulsa tp tidak banyak, tak sapai seribu. 
pengkoneksian no HP ke account FB, bnyak manfatnya, kita akan slalu mendapat sms perkembngan account kita, [comment on your status, coment on your link, send you essae, dll] tanpa engmbil pulsa anda, gratis, tis, tis... jika anda meblas sms ini baru berbyar, 100 rupiah, urahkan....anda pun bisa update sttus melalui HP, info lebih bnyak [cara update, sms yng dikirim, dll] bisa diliat di account => account setting => mobile atau notification [untuk mengatur notification]

Kembali ke topik awal, lalu bagaiana kita tau facebook kita tlah di bobol hacker, melalui HP...?
Sama dengan point pertam, Clik Account => Account Setting
Pada tab Setting, pilih Account Security
When a new computer or mobile device logs into this account:
Beri tanda chek pada bagian  "Send me a text message"
Maka setiap kita log in ke account kita Facebook akan mengirim anda sms, yang berisi bahwa account anda tlah di log in, juga berisi nama computer dan link protect account, jd jika facebook kita dibool, kita dapat sms, kita tinggl pergi ke warnet, log in facebook account kita, llu lakukn penyelatn, segera....

segini dulu tutorialny kang...
NB : setelah anda lkukan kedua cara ini, setiap anda log in ke ccount facebook anda, kan ada kotak dialog, yng minta nd untuk menai komputer tersebut, namai dn beri tnda chek bagin bawah, kmudian next, and happy facebooking.... hehehehehee.....
Jngn Lupa pengaturan privacy, agar no HP anda tak bisa diliat semua orang [demi keamanan] Account => Privacy Setting => Custime Setting
Thanks To All My Friends In Facebook, Nothing secure, BEWARE....
Key Smadav 8.4

Key Smadav 8.4

12:53 PM Add Comment
Jika anda sebelumnya memakai Smadav free maka hilangkan terlebih dahulu tanda bajakannya.
Untuk menghilangkan tanda bajakan, pada menu setting, isikan user dan key sebagai berikut
Nama : anti-bajakan Key : kosongkan
Kemudian register
Setelah tanda bajakan hilang isikan user dan key berikut :
Nama : Fendi Ferdiyanto Key : 991599705500 

kmudian klik register




http://www.smadav.net/
Sekian Tutorialnya... Download
Thanks to :  βяόҜεЙֻ־ҢэςҜ